Hayy guys...👋Ktemu lagi nih di blok aku yang ke-7 . Nah kali ini kita bakalan bahas tentang perkembangan awal psikologi modern nih..Langsung ke pembahasan aja yaa...
1 . Latar Belakang
Tema yang sangat menonjol dalam psikologi Wundt adalah perbedaan antara tindakan sukarela & tindakan tidak sukarela . Dalam bukunya yang berjudul Principles of Psychological Psychology , tujuannya ialah untuk menciptakan bidang Psikologi Eksperimen . Tahun 1890 , sekolah psikologi pertama dibentuk . Siswa di seluruh dunia pergi ke Leipzig untuk untuk dilatih dalam psikologi eksperimen di laboratorium Wundt .
2 . Voluntarism
Ini adalah pendekatan Wundt terhadap psikologi , karena penekanannya pada :
- Kehendak ( Will )
- Pilihan ( Choice ) dan
- Tujuan ( Purpose ) .
Disini juga menjelaskan mengenai atensi dan kesadaran .
3 . Tokoh Psikologi Modern
- Willhelm Maximilian Wundt ( 1832-1920 )
Wundt berpendapat bahwa psikologi harus dipelajari dengan pengalaman sendiri & percaya bhwa psikologi sudah menjadi ilmu eksperimen yang bersifat ilmiah .
Tujuan Psikologi Eksperimental :
a . Menemukan elemen dasar pemikiran
b . Menentukan hukum yang dengannya elemen mental digabung menjadi pengalaman mental yang lebih kompleks .
Introspeksi Wundt :
a . Introspeksi Murni , yaitu pengamatan diri yang relatif tidak terstruktur .
b . Introspeksi Eksperimental , memanfaatkan laboratorium untuk memvariasikan berbagai kondisi , dan informasi internal menjadi lebih cepat .
Teori Perasaan 3 Dimensi : a . Senang - tidak senang
b . Kegembiraan - ketenangan
c . Relaksasi - ketegangan
Elemen Pikiran : a . Sensasi , akan terjadi setiap kali organ indera menerima rangsang dan dihasilkan impuls sehingga sampailah ke otak .
b . Persepsi , proses setelah impuls diterima indera & dilanjutkan ke otak , sehingga muncul lah persepsi .
Pandangan Wundt Mengenai Psikologi
Eksperimen bisa menjadi dasar suatu pikiran , tetapi tidak dapat dipakai dalam pembelajaran proses mental lebih tinggi .
Persepsi , Apersepsi & Sintesis Kreatif
1 . Persepsi , yaitu proses pasif yang diatur oleh rangsangan fisik & pengalaman masa lalu individu ( otomatis )
2 . Apersepsi , bersifat aktif dan sukarela ( berada di bawah kendali individu ) .
3 . Sintesis Kreatif , yaitu proses aktif penggabungan berbagai unsur menjadi satu , dimana gabungan unsur tadi akan menciptakan sifat-sifat baru .
Kronometri Mental
Bertujuan untuk mengukur dengan tepat waktu yang dubutuhkan untuk melakukan berbagai operasi mental .
Prinsip Heterogoni Tujuan
Aktifitas yang diarahkan pada tujuan secara langsung & jarang mencapai tujuannya karena selalu muncul sesuatu yang tidak terduga , yang kemudian mengubah seluruh pola motivasi seseorang ( tujuan tiba-tiba bisa berubah karena suatu hal ) .
Prinsip Kontras
Ketika 2 pengalaman yang bersifat kontras didekatkan maka akan saling menguatkan .
Contoh : disaat kita makan sesuatu yang asam lalu kita makan sesuatu yang manis maka rasanya akan menjadi sangat manis .
Prinsip Perkembangan Yang Berlawanan
Setelah pengalaman lama dari suatu jenis pengalaman , maka akan ada kecendrungan yang meningkat untuk mencari jenis pengalaman yang berlawanan .
Volkerpsikologi
Menurut Wundt , sifat proses mental yang lebih tinggi dapat disimpulkan dari budaya , seperti agama , adat istiadat , mitos , sejarah , bahasa , moral , seni & hukum .
- Edward Bradford Titchener ( 1867-1972 ) , hanya berfokus pada perilaku yang dapat diamati ( melalui introspeksi ), ia menamai teorinya sebagai psikologi strukturalisme . Menurutnya , harus mempelajari pengalaman langsung yaitu kesadaran .
Menerima positivisme Ernes Mach , spekulasi tentang peristiwa yang tidak dapat diamati tidak memiliki tempat dalam sains .
Introspeksi Titchener . Lebih rumit daripada Wunt . Subjek penelitian harus bisa mendeskripsikan pengalaman mendasar , mentah yang pada akhirnya pengalaman kognitif akan terbentuk .
Elemen Mental
Menurutnya , proses elemen kesadaran terdiri atas :
a . Sensasi ( elemen persepsi )
b . Gambar-gambar ( elemen ide )
c . Kasih sayang ( elemen emosi )
- Franz Clemens Brentano ( 1838-1917 )
Menurutnya , hal terpenting tentang pikiran bukan apa yang ada di dalamnya , melainkan apa yang dilakukannya .
Pandangannya disebut dengan psikologi tindakan , karena keyakinannya bahwa proses mental ditujukan untuk melakukan suatu fungsi .
- Carl Stumpf ( 1848-1936 )
Menurutnya , objek studi psikologi yang tepat adalah mental fenomena , bukan elemen sadar .
Stumpf memiliki pengaruh besar pada orang-orang yang kemudian mendirikan sekolah psikologi Gestalt .
- Oswald Kulpe ( 1862-1915 )
Percaya bahwa ada pemikiran tanpa bayangan atau imajinasi , seperti mencari , ragu-ragu , dan percaya diri .
Kulpe dan rekan-rekannya menemukan bahwa mental set dapat diciptakan melalui instruksi maupun pengalaman pribadi , memberi kecendrungan yang menentukan dalam pemecahan masalah .
- Edmund Husserl ( 1859-1938 )
Ia percaya bahwa sebelum psikologi ilmiah dimungkinkan , diperlukan taksonomi pikiran .
Metode Ilmu Alam , tidak tepat digunakan dalam mempelajari fenomena mental . Menurutnya , mereka yang percaya bahwa psikologi harus menjadi ilmu eksperimental membuat kesalahan dengan mengambil ilmu alam sebagai modelnya .
- Hans Veihinger . Menurutnya , semua yang kita alami secara langsung adalah sensasi sehingga yang kita yakini hanyalah sensasi .
- Hermann Ebbinghaus . Mempelajari proses pembelajaran dan memori setelah prosesnya terjadi , bukan setelah kejadian .
4 . Aliran-Aliran Awal Psikologi Modern
- Strukturalisme . Tokoh yang menjadi dasarnya adalah Wundt setelah melakukan di lab di leipzig . Wundt & pengikutnya dikatakan strukturalis karena berpendapat bahwa pengalaman mental yang kompleks itu sebenarnya adalah struktur yang terdiri dari keadaan mentak sederhana .
- Gestalt . Mempelajari proses penginderaan dengan mengutamakan elemen , padahal manusia terjadi menyeluruh & terorganisasi secara terpisah .
- Fungsionalisme . Menganggap psikis ( pikiran ) sebagao fungsi yang digunakan oleh organisme untuk beradaptasi dengan lingkungan .
- Behaviorisme . Hampir semua perilaku adalah hasil dari pengkondisian & lingkungan membentuk perilaku dengan memperkuat kebiasaan .
- Psikoanalisis . Sigmund Freud menaruh perhatiannya pada pengobatan mental seperti perasaan , persepsi , pemikiran & kecerdasan .
- Humanistik . Abraham Maslow mengatakan psikologi harus bersifat lebih manusiawi , maksudnya selain memahami masalh mnusia juga harus mempelajari dalam sifat manusia .
5 . Metode Perkembangan Psikologi
- Metode Eksperimen , merupakan metode yang terus-terang . Punya rumusan suatu hipotesis yang dapat diuji .
- Metode Klinis , Metode ini mengkombinasi ciri-ciri dari observasi klinis , eksperimen , observasi sistematis.
yeay...sekian dulu ya gysss...
Komentar
Posting Komentar