Learning ( Pembelajaran )
Holla...👋Ketemu lagi di blog aku. Nah kali ini kita bakal bahas tentang apa itu pembelajaran?Yuk langsung aja ke pembahasan.
Definisi pembelajaran
Pembelajaran adalah setiap perubahan perilaku yang relatif
permanen yang ditimbulkan oleh pengalaman atau praktik. Bagian definisi yang
“relatif permanen” mengacu pada fakta bahwa ketika orang mempelajari sesuatu, beberapa
bagian otak mereka secara fisik diubah untuk merekam apa yang telah mereka
pelajari.
Mengenai penyertaan pengalaman atau praktik dalam definisi
pembelajaran, kita ambil contoh seorang anak dengan sengaja menyentuh api
kompor karena penasaran dan ia pun merasa kesakitan. Karena ia sudah mendapat
pengalaman itu, si anak belajar dengan mengubah perilakunya agar tidak akan
pernah lagi menyentuh api kompor. Sebaliknya, ketika seorang anak mendapat
pengalaman menyenangkan akan suatu hal, dia bisa saja akan mengulang
mengerjakan suatu hal tadi.
Kondisi klasik Pavlov
Pada penelitian ini Pavlov menggunakan anjing, dimana Pavlov
memberi makan kepada anjing-anjing. Anjing-anjing tersebut mengeluarkan air liur tanpa
disengaja, ini adalah refleks dan normal saja terjadi. Dalam
kasus ini, makanan untuk anjing adalah stimulus dan air liur adalah bentuk
responnya.
- Pengkondisian klasik ialah belajar membuat respons yang tidak disengaja terhadap stimulus selain dari stimulus alami asli yang biasanya menghasilkan respons.
- Respons tak terkondisi dalam pengkondisian klasik, respons yang tidak disengaja dan tidak dipelajari terhadap stimulus yang terjadi secara alami atau tidak terkondisi.
- Stimulus netral dalam pengkondisian klasik, stimulus yang tidak berpengaruh pada respon yang diinginkan sebelum pengkondisian.
- Stimulus terkondisi dalam pengkondisian klasik, stimulus yang sebelumnya netral yang mampu menghasilkan respons terkondisi, setelah dipasangkan dengan stimulus tak terkondisi.
- Respons terkondisi dalam pengkondisian klasik, respons yang dipelajari terhadap stimulus yang diberikan.
- Generalisasi rangsangan, yaitu kecenderungan untuk menanggapi stimulus yang hanya mirip dengan stimulus terkondisi asli dengan respons terkondisi. Misalnya, seseorang yang bereaksi dengan kecemasan terhadap suara bor dokter gigi mungkin bereaksi dengan sedikit kecemasan terhadap mesin yang terdengar serupa, seperti penggiling kopi listrik.
- Diskriminasi stimulus, yaitu kecenderungan untuk berhenti membuat tanggapan umum terhadap stimulus yang mirip dengan stimulus terkondisi asli karena stimulus serupa tidak pernah dipasangkan dengan stimulus tak terkondisi.
- Kepunahan, yaitu hilangnya atau melemahnya respon yang dipelajari setelah penghilangan atau ketiadaan stimulus tanpa syarat (dalam pengkondisian klasik) atau penghilangan penguat (dalam pengkondisian operan).
- Pemulihan spontan, yaitu munculnya kembali respon yang dipelajari setelah kepunahan telah terjadi.
Pengkondisian Tingkat Tinggi
Konsep lain dalam pengkondisian klasik adalah pengkondisian
tingkat tinggi. Ini terjadi ketika stimulus terkondisi yang kuat dipasangkan
dengan stimulus netral.
Mempelajari fobia adalah contoh yang sangat baik dari jenis
pengkondisian klasik tertentu, yaitu respons emosional terkondisi (CER).
Respons emosional yang terkondisi adalah beberapa bentuk pengondisian klasik
yang paling mudah dicapai, dan hidup kita penuh dengan itu.
Keengganan rasa yang dikondisikan
Beberapa jenis
asosiasi dalam pengkondisian klasik tampaknya lebih mudah dibuat daripada yang
lain. Misalnya, apakah ada makanan yang tidak bisa kita makan lagi karena ada pengalaman buruk terhadap makanan tersebut? Percaya atau tidak, reaksi kita terhadap makanan
itu adalah semacam pengondisian klasik.
Pengkondisian Operan
Merupakan pembelajaran perilaku sukarela melalui
efek dari konsekuensi yang menyenangkan dan tidak menyenangkan terhadap
tanggapan.
Kontribusi Thorndike dan Skinner pada konsep pengkondisian
operan
Thorndike meletakkan seekor kucing kelaparan di dalam kotak
teka-teki, dimana Thorndike akan meletakkan makanan di luar kotak. Si kucing
bisa saja mengambil makanan itu dengan syarat harus menginjak tuas yang ada
pada salah satu sisi kotak tersebut. Secara tidak sengaja si kucing ,menemukan
tuas tersebut dan bisa mendapat makanan. Si kucing terus mengulang hal yang
sama , bukan berarti karena si kucing paham bahwa untuk dapat makanan harus
injak tuas. Thorndike mencoba merubah letak tuas, si kucing hanya bisa
menginjak-injak pada posisi tuas sebelumnya, padahal tuas tadi sudah
dipindahkan.
Berdasarkan penelitian ini, Thorndike mengembangkan hukum
efek : Jika suatu tindakan diikuti oleh konsekuensi yang menyenangkan, itu
akan cenderung diulangi. Jika suatu tindakan diikuti oleh konsekuensi yang
tidak menyenangkan, tindakan tersebut cenderung tidak akan diulangi
Hukum efek sendiri merupakan hukum yang menyatakan bahwa
jika suatu perbuatan diikuti oleh akibat yang menyenangkan, maka akan cenderung
diulang, dan jika diikuti oleh akibat yang tidak menyenangkan, maka cenderung
tidak akan diulang.
Skinner
Di dunia, ketika orang melakukan tindakan sukarela,
itu untuk mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan atau menghindari sesuatu
yang tidak mereka inginkan, bukan? Jadi perilaku sukarela, bagi Skinner, adalah
operan perilaku, dan pembelajaran perilaku tersebut adalah pengkondisian operan.
Inti dari pengkondisian operan adalah efek konsekuensi pada perilaku.
Memikirkan kembali bagian tentang pengondisian klasik, mempelajari perilaku
yang tidak disengaja sangat bergantung pada apa yang datang sebelum respons.
Konsep Penguatan
- Penguat primer, setiap penguat yang secara alami memperkuat dengan memenuhi kebutuhan biologis dasar, seperti rasa lapar, haus, atau sentuhan.
- Penguat Sekunder, setiap penguat yang menjadi penguat setelah dipasangkan dengan penguat utama, seperti pujian, token, atau bintang emas.
- Penguatan positif, penguatan respons dengan menambahkan atau mengalami stimulus yang menyenangkan.
- Penguatan negatif, penguatan respon dengan penghapusan, melarikan diri dari, atau menghindari stimulus yang tidak menyenangkan.
Jadwal Penguatan
- Jadwal penguatan interval tetap. Jadwal penguatan di mana interval waktu yang harus dilalui sebelum penguatan menjadi mungkin selalu sama.
- Jadwal interval variabel penguatan. Jadwal penguatan di mana interval waktu yang harus dilalui sebelum penguatan menjadi mungkin berbeda untuk setiap percobaan atau kejadian.
- Jadwal rasio tetap penguatan. Jadwal penguatan di mana jumlah respons yang diperlukan untuk penguatan selalu sama.
- Jadwal rasio variabel penguatan. Jadwal penguatan di mana jumlah respons yang diperlukan untuk penguatan berbeda untuk setiap percobaan atau peristiwa.
Peran Hukuman Dalam Kondisi Operan
Hukuman, yaitu peristiwa atau objek apa pun yang, saat
mengikuti respons, membuat respons tersebut cenderung tidak terjadi lagi.
Terdapat 2 cara dimana hukuman dapat terjadi :
- Hukuman dengan aplikasi, terjadi ketika sesuatu yang tidak menyenangkan (seperti pukulan, omelan, atau rangsangan tidak menyenangkan lainnya) ditambahkan ke dalam situasi atauterapan. Ini adalah jenis hukuman yang kebanyakan orang pikirkan ketika mereka mendengar kata hukuman.
- Hukuman dengan pencopotan, dalam jenis hukuman ini, perilaku dihukum dengan menghilangkan sesuatu yang menyenangkan atau diinginkan setelah perilaku itu terjadi. Contoh lainnya adalah menempatkan seorang anak dalam timeout (menghilangkan perhatian orang lain di ruangan), mendenda seseorang karena tidak mematuhi hukum (menghilangkan uang), dan menghukum perilaku agresif dengan menghilangkan hak istimewa televisi. Jenis hukuman ini biasanya jauh lebih dapat diterima oleh spesialis perkembangan anak karena tidak melibatkan agresi fisik.
Cara agar membuat hukuman lebih efektif :
- Hukuman harus segera mengikuti perilaku yang dimaksudkan untuk menghukum.
- Hukuman harus konsisten.
- Hukuman atas perilaku yang salah harus dipasangkan, jika memungkinkan, dengan penguatan atas perilaku yang benar.
Aspek terhadap kondisi operan
Stimulus diskriminatif. Stimulus apa pun, seperti tanda berhenti atau gagang pintu, yang memberi organisme isyarat untuk membuat respons tertentu untuk mendapatkan penguatan.
Teori Belajar Kognitif
- Tikus Lari Maze Tolman ( Konsep Belajar Laten )
- Simpanse cerdas Kohler
- Anjing depresi Eligman
Pembelajaran Observasi
Adalah pembelajaran perilaku baru melalui
mengamati tindakan model (orang lain yang melakukan perilaku itu). Terkadang
perilaku itu diinginkan, dan terkadang tidak.
Ada 4 elemen pembelajaran observasi :
- Perhatian
Untuk
mempelajari sesuatu melalui observasi, pembelajar harus terlebih dahulu
membayar perhatian ke model. Karakteristik model tertentu dapat membuat
perhatian lebih mungkin. Misalnya, orang lebih memperhatikan orang yang mereka
anggap mirip dengan mereka dan orang yang mereka anggap menarik.
- Penyimpanan
Pembelajar
harus mampu mempertahankan penyimpanan dari apa yang dilakukan, seperti
mengingat langkah-langkah dalam menyiapkan hidangan yang pertama kali terlihat
di acara memasak.
- Imitasi
Pelajar
harus mampu mereproduksi, atau meniru tindakan model. Anak usia 2 tahun mungkin
dapat melihat seseorang mengikat tali sepatu dan bahkan mungkin mengingat
sebagian besar langkah-langkahnya.
- Keinginan
Pembelajar
harus memiliki keinginan ataumotivasi untuk melakukan tindakan.
Sampai disini dulu yahh...See you👋
Sumber :
Ciccarelli, S. K.,
& White, J. N. (2015). Psychology Fifth
Edition. USA: Pearson Education, Inc
Komentar
Posting Komentar